Studi Banding Magister Perencanaan Wiayah Dan Kota Universitas Cenderawasih ke Program studi Manajemen Perkotaan Universitas Hasanuddin

Studi banding adalah salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih. Kegiatan ini bertujuan pengenalan profil Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin dan Kuliah Tamu Program studi Manajemen Perkotaan Universitas Hasanuddin yang berkaitan  dengan mata kuliah yang diberikan oleh dosen di Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih, selain itu  diskusi masalah dan topik perencanaan wilayah yang yang di alami di Papua yang bisa menjadi topik penelitian. Program studi Manajemen Perkotaan Universitas Hasanuddin dianggap memeiliki kredibilitas yang lebih baik sebagai pembanding dalam hal manejemen program studi, sarana dan prasarana serta  kurikulum.

Sebagai Program Studi yang sedang berkembang Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih masih memerlukan pembenahan diri dan masih memerlukan acuan terhadap komponen-komponen seperti dalam hal penyampaian teori, menerapkan praktik kerja lapangan, menerapkan studi banding ke instansi lain, acuan dalam penulisan tesis, sarana dan prasarana perkuliahan. . Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas alumni dan akreditasi program studi serta program studi yang mengacu kedalam hal-hal diatas. . Pesatnya persaingan kerja dan kebutuhan tenaga kerja mayoritas dilihat dari akreditasi program studi yang bersangkutan  tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan studi banding dapat membantu pengembangan program studi.

Program studi Manajemen Perkotaan Universitas Hasanuddin merupakan Program studi ungulan yang didirikan Pada tanggal 21 Oktober 1993 Bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah dan Virginia Commonwealth University (VCU) di Richmond Virginia, Amerika Serikat dalam Urban Managment Linkage Programs USAID 1992-1997

Tujuan studi banding antara lain Sebagai salah satu persyaratan dalam penulisan tesis, Untuk Menambah pemahaman  tata kelola program studi dan Diskusi masalah dan topik perencanaan wilayah yang yang di alami di Papua. Bentuk Kegiatan Sebagai berikut:

1.Pembukaan, yaitu diawali dengan kata sambutan dan penerimaan peserta studi banding secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. Laode Asrul, MP sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Publikasi Ilmiah Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

2.Pengenalan profil Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin oleh Prof. Dr. Ir. Laode Asrul, MP.

3.Pemberian materi tentang Sistem Pengelolaan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin oleh Prof. Dr. Ir. Laode Asrul, MP.

4.Pemberian materi tentang Coastal Development: a Perpective of Sustainable Development Concept ( Pembangunan Pesisir: Perspektif dari Konsep Pembangunan Berkelanjutan) oleh Prof. Dr. Ir. S. Trisutomo, MS

5. Penutupan, yaitu  diakhiri dengan pelepasan peserta studi banding secara resmi, pemberian plakat dari perwakilan dosen Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cenderawasih sebagai ucapan terima kasih atas penyambutan kepada pihak Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin yang di wakilkan oleh Ketua Program Magister Manajemen Perkotaan Prof. Dr. Ir. S. Trisutomo, MS.

6.Kunjungan Ruang kelas, studio dan multimedia untuk perkualiahan jarak jauh.

Hari/Tanggal  : Rabu, 26 Februari 2020, Pukul : 08.00-11.00 WITA, Tempat: Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Peserta studi banding di ikuti oleh 53 mahasiswa dan 4 dosen pendamping.

[su_image_carousel source=”media: 1343,1342,1341,1345,1344,1346,1348,1347,1340,1339″ controls_style=”light”]